Contoh Essay Bebas


ini juga bukan catatan tentang gue loh, lebih tepatnya ini essay bebas yang nggak sengaja gue buat pas lagi nggak ada kerjaan. eh kebetulan temanya sesuai sama Lomba essay yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa di Kampusku. oh iyya selamat membaca essay ku ;), biar jelek begini essay gue menang sebagai juara harapan pertama loh. dan saya cukup senang tulisan saya yang jelek ini diapresiasi oleh orang lain :)

Menjadi Mahasiswa Ala Sinetron, Kenapa Tidak ?
Oleh : Asa Fiqhia

Kalian pasti sering melihat kehidupan mahasiswa di Sinetron, Drama ataupun Film baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri seperti Korea, Thailand, Amerika dan lain-lain. Menyenangkan bukan ? Yupps, Kehidupan para remaja di kisah - kisah tersebut seperti sangat menarik untuk kita simak. Apalagi jika yang menikmati kisah tersebut adalah remaja - remaja SMA yang belum merasakan bangku perkuliahan, Mereka akan cenderung membayangkan kalau menjadi mahasiswa itu sangatlah keren dan  menyenangkan seperti dalam kisah - kisah yang mereka tonton. Ya walaupun mereka juga sering mendengar para mahasiswa mengatakan bahwa “Masa yang paling indah adalah masa - masa SMA”. Kenapa saya bisa bilang begitu ? bagaimana tidak, dalam kisah - kisah tersebut kita akan melihat bagaimana pun sang tokoh utama dalam cerita  itu begitu sibuk dengan urusan asmara nya yang sangat rumit, panjang, dan sering membuat galau pemeran utama sampai beratus-ratus episode, tetap saja jika ada Tugas, Ujian tengah semester dan Ujian Semester sang tokoh utama akan berhasil meraih hasil yang memuaskan. Well walaupun sering nya kita melihat mereka  hanya belajar ketika mendekati hari - hari ujian. Tokoh utama dalam kisah tersebut nyaris tak memiliki cacat dalam menjalani kehidupan dalam perkuliaha nya. Pintar, Baik, Aktivis, Populer, banyak teman dan memiliki wajah yang rupawan, apa lagi yang kurang coba ? Tokoh utama dalam kisah tersebut selalu bisa menjadi cerminan anak-anak SMA untuk menjadi Mahasiswa Ideal nanti nya.
Lalu apa sih sesungguh nya yang dimaksud dengan Mahasiswa Ideal itu ??? tentu definisi ideal tiap orang berbeda - beda. Ada yang berpendapat mahasiswa ideal itu hanya sekedar mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik. Ada yang berpendapat mahasiswa ideal itu mahasiswa yang populer dan aktif berorganisasi. Ada pula yang berpendapat bahwa mahasiswa ideal itu adalah mahasiswa yang kuliah dengan hasil keringatnya sendiri, artinya si mahasiswa itu kuliah sambil berbisnis dan mencari kesuksesan dalam bidang wirausaha. Kalau menurut saya pribadi definisi mahasiswa ideal itu ya nggak muluk – muluk, Mahasiswa ideal adalah Mahasiswa yang pintar membagi waktu. Sederhana sekali bukan ??? tapi susah dijalanin L. Jangan dikira urusan membagi waktu itu urusan yang sepele ya !!! jika kita ingin menjadi mahasiswa yang ideal kita harus memanage waktu dengan baik, artinya waktu kita untuk kuliah, berorganisasi, bermain, istirahat dan belajar harus seimbang. Ingat hidup mu itu tidak seperti tokoh utama dalam sinetron yang kebanyakan cinta - cintaan nya tapi prestasi akademiknya tetap bagus. Jangan pula terlalu berharap agar kisah hidup mu seperti tokoh utama dalam FTV, bersyukurlah ! meski kisah hidupnmu tak selalu berakhir bahagia seperti FTV setidak nya hidup mu tak hanya bisa kamu nikmati selama dua jam seperti durasi FTV tersebut ( ceillahh sok banget gue :3).
Sebenar nya kita boleh saja meniru kehidupan perkuliahan ala mahasiswa sinetron, FTV, Drama Korea, dan sebagai nya. Tapi ingat tirulah yang baik - baik saja ya J misalnya selalu sabar dalam menghadapi masalah, selalu ramah terhadap teman -  teman nya, berprestasi dalam bidang akdemik, aktif berorganisasi, baik hati, tidak sombong, rajin menabung, suka menolong,,,,, ( cukup - cukup !!! Nggak sesempurna ini juga kalikk L ) yah pokok nya jadilah mahasiswa sesempurna yang kita bisa jangan hanya sekedar jadi mahasiswa yang punya sistem D3 ( Datang, Duduk, Diam ) di kelas atau menjadi mahasiswa Kupu – Kupu ( Kuliah Pulang Kuliah Pulang ) apalagi sampai bercita - cita menjadi  pacar Mahasiswa Serigala ataupun Mahasiswa Harimau :3 ( Sekali lagi ingat hidupmu itu tidak seperti di Sinetron :o ). Ya tentu kita sebagai mahasiswa yang cerdas haruslah bisa mencontoh yang baik – baik, sedang yang buruk kita jadikan sebagai bahan pelajaran. Yah walaupun miris juga sih kebanyakan mahasiswa seringkali hanya mencontoh yang Alay-alay saja ( termasuk saya T_T ) dan mencontoh apa yang dianggap gaul dimata mereka. Ingat gaul itu tidak harus yang kalau berangkat kuliah selalu memakai sepatu sneaker model terbaru, pakai kemeja merk ternama, rambut dibuat model ala boy band, dan pakai skinny jeans yang super ketat seketat leging cabe-cabean :v, dan pakai kacamata berframe besar. Gaul itu tidak harus pula yang kemana – kemana bawa Kamera DSLR di leher, bawa dua hape ( plus tongsis ), yang satu smartphone super canggih keluaran terbaru, yang satunya lagi hape low profile buat sms.an. Gaul itu juga tidak harus yang ketika foto pakek Lensa Fish eye plus aplikasi Camera 360 yang bikin kulit jadi super putih, yang saking putihnya yang hidung nya pesek nggak kelihatan, apalagi yang pakai efect sexy lips terus pose nya bibir dimanyun – manyunin gituh, terus anglenya diambil dari atas :o (iyuhhhh :v). Ingat itu bukan gaul tapi ALAY, yang kesindir maaf  O:) saya juga kadang – kadang gitu kok :D :D :D yahhh maklumlah remaja tingkat akhir alay dikit nggak apa – apa lah masih bisa dimaklumi J toh semua manusia pasti mengalami masa - masa Alay.
Meskipun menjadi Mahasiswa Ideal sangatlah susah, kita harus tetap selalu berusaha mempersembahkan yang terbaik. Ingatlah ada banyak orang - orang  yang selalu mendukung kita menunggu dengan sabar kesuksesan kita. Orang tersebut tidak hanya kekasih anda yang selalu setia meng-sms anda setiap hari untuk mengingatkan makan tapi lupa mengingatkan minum ( seret brohhh ), yang selalu mengingatkan anda sholat tapi belum serius untuk menjadikan sholat kalian selalu berjamaah nantinya ( cieee...), yang selalu bangga menggandeng tangan kalian kemana - mana padahal nantinya belum tentu gandengan di pelaminan ( bisa aja cuma salaman ), yang selalu mengatas namakan langit dan bumi sebagai saksi cinta kalian berdua yang padahal mungkin nantinya dia hanya bisa jadi saksi akad nikah mu dengan jodoh mu yang telah dituliskan tuhan. Intinya orang yang benar – benar mendukung kalian itu tidak harus yang selalu membuat hape anda berdering seperti operator selular yang selalu mengingatkan tentang masa tenggang dan sisa kuota anda yang mau habis. Tapi orang - orang tersebut adalah orangtua anda, yang doa nya senantiasa terpanjat setiap hari selalu mendatangkan keajaiban untukmu, mengubah yang semula tidak mungkin menjadi tidak mungkin. Membangun  karakter dan merawat anda semenjak anda kecil tanpa rasa pamrih. Mungkin bagi kalian yang masih tinggal bersama orangtua atau kalian yang anak Kos tapi belum merasa kesulitan terhadap keuangan belum merasakan pentingnya orangtua. Tetaplah semangat untuk menjadi mahasiswa ideal walaupun banyak tugas menderamu dan kamu merasa sangat – sangat capek dibuatnya, ingatlah orangtuamu lebih capek daripada kamu, mereka bekerja memeras keringat supaya kamu bisa kuliah dengan nyaman tanpa merasa khawatir tentang persoalan biaya hidup mu di perantauan.
Jadilah mahasiswa Ideal, ikutlah organisasi kemahasiswaan yang dapat melatih softskill anda. Ukirlah senyum kebanggaan karena telah memiliki putra – putri sepertimu di wajah orang tua anda. Fighting kawan  !!!! bermimpi mempunyai kehidupan ala mahasiswa di sinetron sah-sah aja kok. Tapi contohlah apa yang baik dan sesuai dengan adat dan kepribadian Indonesia. So menjadi mahasiswa ala sinetron ? kenapa tidak ???